12 Cara Membuat Presentasi Anda Menjadi Lebih Menarik dan Menyenangkan


Presentasi telah menjadi sebuah hal yang lumrah bagi seorang mahasiswa. Hampir disetiap semester setiap mahasiswa diwajibkan untuk melakukan presentasi dalam rangka memaparkan hasil tugas kuliahnya. Sayangnya walaupun telah menjadi sebuah hal yang lumrah tetapi masih banyak mahasiswa yang belum dapat melakukan presentasi dengan baik dan benar. Terlebih jika seorang mahasiswa yang baru merasakan bangku kuliah tentu akan sangat sulit bagi dirinya untuk melakukan presentasi dengan baik dan benar kecuali jika ia telah terbiasa melakukannya sejak bangku SMA. Biasanya yang menjadi kendala atau masalah utama seorang mahasiswa dalam melakukan presentasi adalah rasa gugup yang berlebihan dan kurangnya persiapan fisik dan mental. Lalu bagaimana caranya melakukan presentasi yang baik dan benar? Inilah caranya : 

1. Persiapkan fisik dan mental Fisik dan mental yang sehat tentu akan menjadi sebuah modal kuat untuk melakukan presentasi. Dengan fisik yang sehat tentu anda dapat menyampaikan presentasi dengan suara yang lantang dan gerakan yang lincah. Coba anda bayangkan jika anda melakukan pesentasi sambil terbatuk-batuk, tentu suara anda akan sangat tidak enak untuk di dengar. Para audien pun akhirnya akan merasa tidak nyaman dengan presentasi yang mereka simak. Demikian juga dengan mental, sebelum melakukan presentasi ada baiknya anda berusaha untuk tenang dan menumbuhkan semangat di dalam diri anda. Hal ini sangatlah penting karena dengan semangat dan ketenangan yang ada, niscaya rasa gugup akan tak akan ada dalam diri anda. Oleh karena itu sebelum melakukan presentasi persiapakan fisik dan mental anda sebaik mungkin. Hindari tidur larut malam, konsumsi makanan yang bervitamin serta berdoa, saya rasa sudah cukup menjadi bekal utama anda dalam mempersiapkAn fisik dan mental yang kuat. 

2. Berpakaian yang rapi dan sopan Ketika kita akan menyampaikan sebuah presentasi tentu hal pertama yang akan dilihat oleh para audien adalah penampilan kita. Karena sebagai seorang yang berdiri didepan orang banyak maka sekecil apapun hal yang berkaitan dengan penampilan tubuh kita akan menjadi fokus tersendiri bagi setiap audien. Oleh karena itu berpakaianlah dengan rapi dan sopan sebelum melakukan presentasi. Tidak perlu pakaian yang mewah, glamour dan berkelas cukup gunakan pakaian yang bersih, rapi dan sopan maka itu sudah menjadi kelebihan tersendiri dimata para audien. 

 3. Persiapkan seluruh perlengkapan presentasi Sebelum melakukan sebuah kegiatan presentasi sudah sewajibnya si penyampai presentasi untuk mempersiapkan seluruh perlengkapan presentasi seperti pena, catatan kecil, spidol, papan tulis, proposal atau laporan, proyektor LCD (infokus), laptop dan tentunya mic. 

4. Kuasai materi secara sempurna Sempurna? Ya! Agar berhasil dalam sebuah presentasi anda harus benar-benar menguasai materi yang anda paparkan. Persiapkan juga sejumlah catatan-cataan kecil yang berisi pokok materi yang akan anda sampaikan. Setidaknya dengan menguasai materi secara sempurna akan menumbuhkan kepercayaan pada diri anda. 

 5. Bersikap sopan Dalam melakukan presentasi acap kali kita temui para penyampai melakukan perilaku yang bertentangan dengan norma kesopanan dalam melakukan presentasi. Membelakangi audien, berkata kasar adalah sedikit contoh dari sikap tidak sopan yang kerap dilakukan oleh para penyampai presentasi. Oleh karena itu seorang penyampai presentasi sudah sepatutnya bersikap sopan dalam menyampaikan presentasi. 

6. Tersenyum dan sapalah para audien dengan ramah. Pernah melihat acara Mario Teguh Golden Way ? Apa pertama yang anda lihat ketika acara tersebut dimulai? Ya, Mario Teguh muncul sambil tersenyum lebar lalu kemudian menyapa para audien dengan kalimat “selamat malam para penonton”. Yah dengan senyuman lebar dan sapaan ramahnya itulah ia menggaet jutaan mata penduduk Indonesia. Mario Teguh tahu bahwa sesuatu yang baik tentu dimulai dengan sesuatu yang baik pula maka tersenyumlah dan sapa para audien sebelum memulai presentasi anda maka niscaya anda akan menjadi layaknya Mario Teguh dalam presentasi tersebut. 

7. Fokus pada audien Selama menyampaikan presentasi 100% perhatian anda harus berfokus pada audien. Jadikan mereka sebagai prioritas utama anda layaknya penjual yang menjadikan pembeli sebagai raja. Tak perduli apapun status dan kedudukannya, selama anda menyampaikan presentasi maka audien harus anda layani dengan super baik yaitu dengan cara memberikan mereka sebuah presentasi yang memukau. Oleh karena itu hindari membelakangi para audien selama memaparkan materi presentasi karena hal tersebut sangatlah tidak sopan. Selain itu jaga perhatian dan tatapan mata anda kepada audien. 

8. Kuasai dan arahkan perhatian para audien Semakin memukau presentasi yang anda lakukan maka dengan sendirinya hal ini akan anda capai. Penampilan yang baik, materi yang menarik dan penampilan yang memukau adalah kunci dari penguasaan seorang penyampai terhadap para audien. 

9. Gunakan bahasa yang baik dan benar Agar presentasi berjalan dengan lancar gunakanlah bahasa yang baik dan benar. Bahasa yang baik dan benar dalam presentasi adalah bahasa yang mudah di mengerti tetapi tetap formal. Hindari penggunaan kata “aaa.., eee..., “ dan kata-kata lain yang terus-menerus diulang. Jika anda mengucapkan kata-kata tersebut sesungguhnya sudah tercermin bahwa anda terlihat gugup dan kurang menguasai materi yang anda sampaikan. 

10. Gunakan slide yang menarik, singkat dan interaktif Apa yang anda rasakan ketika melihat sebuah slide yang dipenuhi dengan kalimat yang panjang? Tentu menbosankan bukan. Oleh karena itu untuk membuat para audien tertarik dengan materi dan slide yang anda sajikan maka tampilkanlah materi anda dengan sangat menarik. Mintalah pada teman anda yang ahli di bidang IT untuk membantu anda memodifikasi slide agar lebih menarik saat dilihat. Selain itu anda juga dapat membubuhkan gambar-gambar atau kata-kata yang dapat memberikan motivasi bagi para audien. Selain itu dalam membuat slide anda juga harus menghindari penggunaan kalimat yang panjang dan banyak dalam 1 slide. Ada baiknya jika slide hanya di isi oleh poin-poin utama dari materi yang akan anda sampaikan. Sedangkan untuk pemaparan selanjutnya cukup anda sampaikan secara lisan. 

 11. Pancing para audien untuk aktif bertanya Presentasi yang baik dapat dicerminkan dari tingginya tingkat partisipasi aktif para audien. Sebagai seorang penyampai anda harus dapat membuat para audien merasa terpancing untuk mengemukakan pendapat atau hanya sekedar bertanya. Menyampaikan sejumlah pertanyaan atau pendapat yang menimbulkan tanda tanya dibenak para audien saya rasa adalah hal yang paling tepat untuk anda lakukan. “Apakah itu hal yang benar?”, “Setujukah anda dengan apa yang saya sampaikan?”, “Bagaimana pendapat anda?”, adalah sedikit contoh dari kalimat-kalimat yang sangat umum untuk memancing para audien. 

12. Jawab pertanyaan dengan lugas dan tepat Dalam menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh para audien, anda haruslah menjawab dengan lugas dan tepat. Jangan membuat audien terlalu lama menunggu jawaban anda atau mungkin anda menjawab dengan terbata-bata. Hal tersebut malah akan menbuat para audien ragu terhadap kebenaran dari jawaban yanga anda berikan. Maka jawablah pertanyaan dari para audien dengn lugas dan tepat niscaya hal tersebut akan semakin membuat para audien terpukau dengan kemampuan anda.

Comments

  1. wah boleh juga nih tips nya dicoba agar kita semakin berprestasi ya mas. Thanks for the sharing ;)

    ReplyDelete
  2. berpakaian rapi dan sopan itu yang paling utama, karena penilaian pertama yang positif dapat menentukan bagaimana selanjutnya presentasi akan berjalan.

    ReplyDelete
  3. artikel yang bermanfaat,,semua point-pointnya juga membantu,,terimakasih sudah share

    ReplyDelete
  4. mantapzz
    kunjungi https://hengkyharwanto.wordpress.com seputar info kesehatan dan kebugaran yang pastinya bermanfaat

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya